Lima Kebiasaan Ini Sering Buat Gajimu Jadi Gak Nampak

Lima Kebiasaan Ini Sering Buat Gajimu Jadi Gak Nampak

Lima Kebiasaan Ini Sering Buat Gajimu Jadi Gak NampakGaji adalah suatu bentuk pembayaran secara berkala dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. Dari sudut pandang pelaksanaan bisnis, gaji dapat dianggap sebagai biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menjalankan operasi, Tanggal gajian adalah salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Istilah lain dari gaji adalah honor dan upah. Gaji, honor ataupun upah dapat diterima pegawai di lingkungan kantor atau tempat kerja milik negara atau tempat swasta. Setelah satu bulan bekerja dan memenuhi tanggung jawab di kantor, akhirnya rekeningmu kembali terisi. Biasanya, nih saat hari gajian tiba, kamu jadi semangat banget buat membelanjakannya.

Alhasil, uang gajimu jadi cepat habis. Buntutnya, belum juga akhir bulan dompetmu sudah menipis. Lantas apa saja, sih penyebab gajimu selama ini seakan-akan cuma numpang lewat? Nah, berikut lima kebiasaan yang sering jadi biang keroknya.

1. Terlalu berlebihan memanjakan perut
5 Kebiasaan Ini Bikin Gajimu Selalu Numpang Lewat, lho!

Karena saat akhir bulan kamu keseringan makan nasi sama mie instan doang, giliran sudah gajian timbul rasa ingin ‘balas dendam’. Ya, apalagi kalau bukan menjajakan uangmu untuk membeli makanan enak. Tapi namanya makanan, kan gak pernah ada wujudnya. Setelah dimakan habis, ya sudah tidak bersisa. Berbeda dengan membeli barang.

Makanya, meskipun merasa makanan atau camilan yang kamu beli harganya murah, tapi kalau belinya tiap hari lama-lama duitnya bisa habis, dong. Lebih baik mulai sekarang jajan makanan seperlunya saja, gak perlu latah mau mencicipi jajanan hits segala. Ingat nominal gajimu masih tak seberapa, lho.

2. Membeli barang-barang yang tidak terlalu penting di awal bulan
5 Kebiasaan Ini Bikin Gajimu Selalu Numpang Lewat, lho!

Ibarat dapat uang kaget, begitu menerima gaji kamu berasa jadi sultan dalam sehari. Gak heran, sih kalau setelah itu tanganmu langsung gatal ingin cepat-cepat menggunakan uangnya. Tak tanggung-tanggung, baru juga awal bulan kamu sudah membeli barang ini dan itu.

Tapi saat ditanya barang-barang tersebut untuk apa, kamu juga bingung sendiri menjawabnya. Saat hendak membeli juga gak kepikiran fungsinya, kok. Kata orang, sih kamu cuma lapar mata. Kelihatan lucu, ya langsung saja dibayar. Mumpung baru gajian. Iya, lihat saja nanti akhir bulan uang gajimu masih sisa berapa rupiah?

3. Lebih mengutamakan jajan ketimbang menabung apalagi berinvestasi
5 Kebiasaan Ini Bikin Gajimu Selalu Numpang Lewat, lho!

Karena segala bentuk tagihan sudah dibayar lunas, kamu jadi merasa uang yang tersisa ini bisa digunakan untuk bersenang-senang. Tanpa disadari bahwa ada hal lain yang lebih penting dan harusnya diutamakan. Seperti menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk ditabung dan berinvestasi.

Kalau semua gaji yang tersisa malah dipakai untuk foya-foya, ya jangan sedih bila di akhir bulan nanti kamu gak punya uang lagi. Beda cerita jika gajimu sudah disisihkan untuk tabungan dan dana darurat. Setidaknya, di penghujung bulan kamu masih punya pegangan. Gak perlu khawatir harus menyatap mie instan selama seminggu lagi, kan?

4. Kamu gemar sekali membeli barang-barang dengan sistem kredit
5 Kebiasaan Ini Bikin Gajimu Selalu Numpang Lewat, lho!

Sekarang ini banyak sekali marketplace yang menawarkan transaksi jual-beli dengan sistem cicilan atau kredit. Kamu juga bisa memiliki barang yang diinginkan saat ini juga, tapi bayarnya bulan depan. Hati-hati, lho cara belanja seperti ini kalau gak diperhitungkan dengan baik bisa jadi beban di kemudian hari.

Memang nominal cicilan per bulannya termasuk ringan. Tapi jika barang yang kamu beli banyak, ya tagihannya ikut bertambah, dong. Gak heran kalau tiap kali gajian kamu langsung kehilangan uang gaji setengahnya sendiri. Nah, lho apa kabar akhir bulan nanti?

5. Tidak pernah mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan rinci
5 Kebiasaan Ini Bikin Gajimu Selalu Numpang Lewat, lho!

Memang jika belum terbiasa, menulis pemasukan dan pengeluaran bulanan itu terkesan ribet. Tapi ini bisa jadi kebiasaan yang baik dan membantu, lho. Dengan mencatat secara rinci keuangan pribadimu, kamu jadi bisa tahu, tuh ke mana saja larinya uang gaji selama ini. Sehingga kamu bisa lebih mengontrol diri ke depannya. Gak boleh boros-boros lagi.

Lain halnya ketika kamu gak pernah mencatat keuanganmu sama sekali. Wajar jika jatuhnya jadi boros, beli ini-itu semaunya sendiri. Karena merasa itu adalah penghasilanmu dan uang yang kamu pakai itu gak seberapa, kok. Padahal kenyataannya sisa di dompet tinggal selembar sampai akhir bulan.