Beberapa Solusi Cerdas Supaya Uang Gajian Bisa Jadi Tabungan

Beberapa Solusi Cerdas Supaya Uang Gajian Bisa Jadi Tabungan

Beberapa Solusi Cerdas Supaya Uang Gajian Bisa Jadi Tabungan – Gaji adalah suatu bentuk pembayaran secara berkala dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. Gajian jadi momen paling ditunggu-tunggu bagi siapapun. Karena pada momen gajian kerja keras kita seolah terbayarkan.

Gaji dapat dianggap sebagai biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menjalankan operasi, dan karenanya disebut dengan biaya personel atau biaya gaji. Namun, ada satu masalah yang rasanya selalu menimpa hampir semua orang, yakni uang gajian hanya sekadar numpang lewat saja.

Satu sampai tiga hari rasanya masih aman, namun hari-hari berikutnya sudah mulai terasa bahwa sepeser uang makin berkurang tiap harinya. Meski begitu, ada beberapa solusi cerdas yang bisa kamu coba supaya uang gajian gak sekadar numpang lewat doang, nih. Penasaran, dong apa aja solusi yang dimaksud? Tanpa berlama lagi, intip sama-sama solusinya, yuk!

1. Buat anggaran yang jelas 
5 Solusi Cerdas agar Uang Gajian Gak Sekadar Numpang Lewat

Berapapun gajimu usahakan untuk membuat anggaran yang jelas. Alokasi dana untuk kebutuhan sehari-hari jelas sudah gak bisa diganggu gugat. Sama halnya dengan dana untuk membayar listrik, WiFi, asuransi atau iuran yang sifatnya pokok dan wajib dibayar setiap bulan. Sisihkan uang tersebut terlebih dahulu.

Barulah sisa gajimu berapapun itu jangan pernah kamu habiskan semuanya dalam satu waktu. Alokasikan untuk tabungan, dana darurat, sedekah, uang pegangan atau investasi. Dengan begitu, pos pengeluran anggaranmu lebih jelas dan tetap memiliki cadangan uang sehingga gak perlu berutang apalagi gaji sekadar numpang lewat.

2. Bedakan mana kebutuhan dan keinginan
5 Solusi Cerdas agar Uang Gajian Gak Sekadar Numpang Lewat

Kemampuan untuk membedakan mana kebutuhan dan keinginan juga wajib banget kamu miliki terutama jika kamu belum matang secara finansial. Karena, jika kamu gak memiliki kemampuan semacam ini, kamu akan cenderung menjadi sosok yang impulsif dalam berbelanja juga konsumtif.

Oleh sebab itu, cerdas dan bijaklah dalam memilih mana yang jadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Kebutuhan bersifat wajib dan mutlak sementara keinginan bersifat sementara dan masih bisa ditunda.

3. Buatlah rekening terpisah 
5 Solusi Cerdas agar Uang Gajian Gak Sekadar Numpang Lewat

Kalau kamu merasa sudah sering sekali mengalami gajian hanya sekadar numpang lewat barang kali kamu harus mulai membuat rekening terpisah. Di rekening terpisah inilah tempat kamu menyisihkan sebagian uangmu. Berapapun itu usahakan setiap bulannya melakukan transfer ke rekening terpisah meski hanya Rp50 ribu.

Nanti, lambat laun jika kamu disiplin melakukannya kamu masih punya tabungan, deh. Jadi, apabila gajian terpaksa harus numpang lewat masih ada uang mengendap di rekening terpisah tersebut, guys.

4. Sisihkan sekian persen gaji untuk simpanan 
5 Solusi Cerdas agar Uang Gajian Gak Sekadar Numpang Lewat

Di awal gajian, usahakan untuk menyisahkan sedikit uang sebagai simpanan. Meski hanya Rp10 ribu juga gak masalah, kalau toh pendapatanmu memang gak terlalu banyak.

Setidaknya sediakan tempat khusus atau mungkin e-money untuk menyimpan uang simpananmu. Terkadang orang merasa sulit menabung meski hanya Rp500 sekalipun karena merasa gak punya target atau merasa semua akan baik-baik saja ke depannya.

Sehingga, mereka merasa gak perlu menabung atau menyisakan uang sebagai simpanan. Apapun yang akan menimpamu ke depan baik atau buruk usahakan untuk memiliki tabungan atau simpanan, guys.

5. Cari sumber pemasukan lain 
5 Solusi Cerdas agar Uang Gajian Gak Sekadar Numpang Lewat

Memiliki sumber pemasukan lain sudah bukan jadi sesuatu hal yang tabu, kok guys. Apapun pekerjaannya, apapun jabatannya, berapapun gajinya, seseorang berhak memiliki sumber pemasukan lain. Jangan pernah takut gagal kalau kamu saja belum mencobanya sama sekali.

Nanti, lambat laun sembari terus belajar kamu juga akan menemukan jalanmu. Sehingga sumber pemasukan utama bisa berjalan beriringan dengan pemasukan yang lain. Ayo, guys jangan takut buat mencoba. Apalagi jika kamu ingin memiliki hidup yang seperti ini seperti itu kamu jelas wajib berusaha dulu, bukan?