Beberapa Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Berbelanja

Beberapa Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Berbelanja

Beberapa Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Berbelanja – Berbelanja adalah suatu aktivitas yang biasa dilakukan oleh setiap orang. Bukan hanya perempuan, laki-laki pun juga melakukan aktivitas belanja. Belanja bisa dilakukan dimana saja, misalnya di pasar.

Pasar dalam pengertian konkret adalah tempat dimana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan jual beli. Mungkin pada umumnya bakal ada perbedaan ya saat sebelum dan sesudah berkeluarga kalau berbelanja. Kalau masih sendiri sih mungkin kebutuhan buat diri sendiri.

Tapi, kalau sudah berkeluarga sudah mulai banyak nih yang harus dipenuhi.  Nah, Berikut sudah Kami rangkum nih perbedaan mindset sebelum dan sudah berkeluarga saat berbelanja kebutuhan rumah tangga. Apa saja itu? Penasaran? Cek aja di bawah, kira-kira kamu juga mengalami hal yang sama gak?

1. Cek diskon dulu
Kalau Sudah Berkeluarga, Penting Perhatikan 5 Hal Ini Saat Belanja

Sebenarnya sih sebelum berkeluarga sepertinya juga suka diskon ya? Tapi, kalau udah mulai berkeluarga, semua barang yang dibutuhkan rasanya kalau bisa cari yang diskonan. Caranya gimana? Menahan diri untuk ketemu dengan waktu-waktu tertentu yang store tersebut mengeluarkan diskon.

Kalau gak sih biasanya menunggu di e-commerce kesayangan mengadakan promo-promo menarik yang bisa beli barang kebutuhan dengan harga yang miring. Mulai dari kebutuhan dapur, kamar mandi, kebersihan rumah, dan lain-lain deh.

2. Mencatat kebutuhan semua anggota keluarga
Kalau Sudah Berkeluarga, Penting Perhatikan 5 Hal Ini Saat Belanja

Ngomongin kebutuhan, kalau saat masih jomblo alias sendiri sih mungkin sangat gampang nge-list kebutuhan diri sendiri. Tapi, kalau sudah berkeluarga makin banyak nih yang perlu dicatat. Mungkin kita perlu mencatat kebutuhan pasangan dan si Kecil saat belanja bulanan.

Selain bahan makanan, personal care, hingga peralatan rumah yang tiba-tiba rusak atau sudah gak bagus lagi untuk digunakan. Pasti ada aja tuh barang yang begitu-begitu, ya gak sih? Bikin sebel dan males banget.

3. Cari peralatan rumah yang awet
Kalau Sudah Berkeluarga, Penting Perhatikan 5 Hal Ini Saat Belanja

Nah karena ada ada peralatan rumah yang suka rusak, makanya kalau sudah berkeluarga tuh biasanya mencari juga barang yang awet. Kalau sudah awet sudah pasti bagus dan gak perlu keluar uang lagi untuk gonta-ganti. Gak apa-apa deh agak mahal sedikit, tapi kalau awetnya bisa sepanjang masa, kenapa gak? Terutama pada peralatan di dapur.

Misalkan saja seperti kulkas Electrolux yang ramah lingkungan dan memiliki fitur TasteLock yang dapat memelihara dan menjaga buah dan sayuran lebih segar dan tahan lama. Cocok banget lah biar lebih awet dan gak mubazir.

Sementara microwave juga sangat pas untuk kamu yang suka masak dengan cara di-grill dan memasak berbagai macam variasi hidangan. Begitu pula dengan kompornya yang juga mengeluarkan panas dan stabil serta merata. Tentu dengan hal ini bisa sangat efisien saat memasak karena lebih cepat untuk panas. Mantap lah pokoknya!

4. Suka banget nego harga
Kalau Sudah Berkeluarga, Penting Perhatikan 5 Hal Ini Saat Belanja

Tapi, sepertinya ini adalah skill yang dibutuhkan di abad ke-21. Bisa menegosiasi harga agar hidup lebih hemat. Biasanya sih teknik nego yang sering terjadi adalah dengan berkata, “Udah langganan nih saya beli di sini, masa harganya ga bisa turun? Ayolah biar laris!”. Kalau kamu gimana caranya? Share di kolom komentar ya!

5. Selalu survei harga
Kalau Sudah Berkeluarga, Penting Perhatikan 5 Hal Ini Saat Belanja

Saat semakin berkeluarga kamu semakin membanding-bandingkan harga dari satu tempat ke tempat lainnya. Melihat barang yang sama tapi jika harganya berbeda, akhirnya memiliki kecenderungan untuk memilih harga yang lebih murah.

Sebuah zona perdagangan besar dapat ditemukan di pusat kota atau souk di kota-kota Arab. Hub belanja, atau pusat perbelanjaan, adalah kumpulan toko yang merupakan kumpulan dari beberapa bisnis. Contohnya seperti mal perbelanjaan, town square, pasar loak, dan bazar.

Berbagai jenis toko ritel yang berpengalaman dalam menjual barang-barang sesuai jenisnya meliputi toko buku, toko permen, toko liquor, toko hadiah, toko peranti keras, toko hobi, toko hewan, apotek, toko seks, supermarket.

Toko lain seperti toko kotak besar, hipermarket, department store, toko dolar menjual berbagai produk yang tidak terkait dengan yang lainnya. Agen perjalanan adalah salah satu toko yang menjual jasa.

Pernah gak kamu merasakan membeli barang-barang dapur atau kamar mandi jika menemukan harga lebih murah Rp1 ribu aja dari suatu tempat, pasti langsung beli di tempat yang lebih murah? Karena meski hanya seribu, bisa hemat banget guys!